-->

Waspada, 6 Aplikasi Ini Bikin Boros Baterai, Kuota Dan Memori Kamu

Daya baterai smartphone-mu cepat habis dan boros kuota? Setiap akan memfoto, harus rempong menghapus foto yang berasal dari kiriman WhatsApp group karena memory space yang semakin terbatas? Kalau iya, kamu mengalami hal yang serupa dengan saya, hehe

Kendala yang saya alami di atas sebenarnya bersumber pada adanya banyak aplikasi di smartphone saya. Kalau dipikir-pikir, sebenarnya ada beberapa aplikasi yang nggak begitu penting dan akan lebih baik jika dihapus saja. Karena aplikasi yang nggak penting ini justru sering bikin boros daya baterai smartphone.

1. Aplikasi browser bawaan andorid
Dalam berselancar di mesin pencari, ada bermacam-macam aplikasi browser yang bisa digunakan. Saran saya sih, kamu cukup menggunakan Chrome saja. Jadi kamu bisa mulai menghapus aplikasi browser bawaan android. Fitur ini bisa menghemat data hingga 34%, lho.

2. Aplikasi pembersih dan peningkat kinerja
Cara kerja aplikasi pembersih semacam Clean Master adalah pembersihan aplikasi dan meningkatkan performa smartphone. Sayangnya, aplikasi yang dihapus kadang masih menyisakan data tersembunyi (cached data) yang juga memakan memori. Belum lagi ada iklan in apll yang menghabiskan kuota. Daripada menggunakan aplikasi ini, lebih baik beralih ke cara manual untuk membersihkan dengan settings >> apps >> Download, tekan salah satu aplikasi lalu clear chace. Dengan menghapus Clean Master kamu sudah menghemat space sekitar 17 MB.

3. Aplikasi anti virus gratis
Sebenarnya kalau kita bisa menggunakan smartphone secara bijak, aplikasi ini nggak akan dibutuhkan dan justru hanya akan membuat daya baterai semakin boros. Setelah menghapus aplikasi ini, kamu memang dituntut untuk lebih hati-hati saat mengunduh aplikasi.

Tapi Google juga sudah semakin tanggap kok dalam mengidentifikasi dan menghapus aplikasi berbahaya dari Google Play Store, kok. Ukuran Antivirus Android umumnya 18MB, tapi ada juga Kaspersky Mobile 40MB. Lumayan, kan?

4. Aplikasi cuaca
Pembaruan berkala dari aplikasi ini sangat bikin boros daya baterai smartphone kamu. Padahal, untuk megetahui informasi seputrar cuaca bisa menggunakan fitur Google Now yang pasti nggak memakna daya baterai dan RAM terlalu banyak. Kamu bisa menghemat 5,9 MB sampai 11 MB, lho.

5. Facebook
Aplikasi ini cukup memakan banyak kuota dan daya baterai setiap harinya. Space-nya pun menghabiskan cukup banyak RAM. Padahal, kalau dipikir-pikir nggak tiap hari saya membuka Facebook. Cukup membuka saat butuh melalui Google pun sebenarnya bisa. Akhirnya saya menghapus aplikasi ini dan memberikan ruang lebih sekitar 62 MB pada ponsel dan daya baterai smartphone saya pun jadi lebih hemat.

6. WhatsCall
Kelebihan aplikasi ini adalah kamu bisa mendapatkan kredit gratis kalau bisa mengundang teman atau melihat iklan. Itu kalau kamu lagi beruntung, ya. Kalau nggak, bukannya untung, kamu bisa buntung karena cepat kehabisan baterai, kuota, dan RAM karena memakan 28 MB sendiri. Tohpanggilan bisa dilakukan pakai WhatssApp biasa.

Bagaimana denganmu? Dari 6 aplikasi di atas, mana yang kamu punyai? Kalau dirasa nggak begitu butuh, saran saya sih, dihapus saja karena dengan begitu kamu bisa menghemat daya baterai sekaligus memory spacedi smartphone kamu.
Buka Komentar

0 Response to "Waspada, 6 Aplikasi Ini Bikin Boros Baterai, Kuota Dan Memori Kamu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel